Definite

Dev and Design · Digital

Memahami Apa Itu Cache Untuk Bikin Browser Jadi Lebih “Enteng”

Written by Bimo Gadabima, 31 August 2021

Bekerja dengan browser yang nggak lemot itu idaman semua orang. Dan hal tersebut bisa Anda wujudkan dengan berbagai cara, salah satunya dengan memahami istilah cache yang perannya cukup signifikan di sini.

Kami yakin pasti istilah ini udah nggak asing lagi di telinga Anda kan? Most likely Anda mendengar dan menemukan istilah cache ini di browser desktop maupun smartphone Anda. Tapi apakah Anda udah sepenuhnya tau dan paham tentang hal ini? If you haven’t fully understood about this thing, then you come to the right place.

Well, first of all, kata cache di Inggris asalnya dari kata cacher. Tapi sebenarnya, kata cacher itu sendiri berasal justru dari bahasa Perancis yang artinya menyembunyikan atau tempat menyembunyikan. Sebagai kata kerja, to cache maknanya menempatkan ke dalam suatu tempat persembunyian, which is si cache ini. Turunan katanya adalah caches, caching, dan cached. Lalu, apa itu cache sendiri dalam bahasa Indonesia?

Masih ingat istilah tembolok di dunia IT? Yes, itu kata lain dari cache yang di-translate ke dalam bahasa Indonesia. FYI aja, penerjemahan itu berdasarkan pedoman pembakuan istilah teknologi informasi lho, jadi bukan karena tanpa sebab. Tembolok sendiri punya makna: 1. kantong tempat makanan pada leher (contoh: tembolok burung atau tembolok ayam), dan 2. Perut. Padahal dalam bahasa Inggris sendiri, tembolok adalah craw atau crop.

Yaudahlah ya, saat ini pun istilah tembolok jarang terdengar dipakai untuk mengganti kata cache juga. Jadi mendingan ya kita tetap pakai term cache aja.

Apa itu Cache?

Secara prinsip, cache adalah proses menyimpan data yang sifatnya sementara supaya situs, browser, atau aplikasi nggak perlu mengunduh ulang data yang pernah dipakai sebelumnya. Director of System Engineering di F5 Network, Tristan Liverpool, pun menganalogikan cache itu ibarat Anda sedang berkendaraan ke lokasi baru pertama kalinya, dimana otak akan menyimpan informasi perjalanan tersebut. Di lain kesempatan, ketika kembali ke lokasi tersebut, informasi perjalanan sebelumnya yang disimpan di otak akan bereaksi mengenali patokan-patokan jalan yang pernah dilintasi.

Nah, reaksi itu mirip fungsinya dengan cache ketika Anda mengunjungi website for the first time. Browser bakal menyimpan informasi tersebut dan membantu perangkat mengakses situs web itu jadi lebih efisien di kunjungan berikutnya tanpa harus mencari ulang data sehingga bisa lebih cepat mengakses situs tersebut. Masalahnya adalah, semakin banyak cache disimpan, semakin besar juga beban penyimpanannya.

Hal tersebut bakalan terasa “ganggu” banget terutama jika Anda menggunakan perangkat dengan memori penyimpanan yang kecil, kayak smartphone. Bahkan, smartphone yang mengandalkan data web dan cloud pun bisa terasa efek beban penyimpanannya.

Misalnya aja Anda menginstal aplikasi Spotify, lalu mengunduh lagu dan menyimpan lagu favorit dari Spotify supaya bisa didengarkan secara offline. Lagu-lagu yang diunduh tersebut, tersimpan juga di cache. Ketika batas waktu unduhan Spotify selesai, otomatis data terhapus. Tetapi penyimpanan data di cache bakalan terus ada. Inilah yang membebani kapasitas simpan di memori smartphone Anda selagi aplikasi tersebut terinstal atau nggak dibersihkan history-nya.

Yang bikin khawatir, data cache ini rentan banget di hack, apalagi cache di laman web yang disimpan browser Anda. Sering banget kejadian data udah dihapus tapi di cache nggak dihapus, eh malah jadi sasaran orang iseng. Ini sering terjadi di media sosial yang boro-boro inget hapus cache.

Cara Menghapus Cache

Untuk menghapus data cache-nya, cara-cara yang dilakukan pada masing-masing browser dan perangkat berbeda-beda. Menghapus cache adalah menghapus data yang tersimpan di perangkat Anda. Jadi kalau masih ada data yang dibutuhkan dan data yang nggak dibutuhkan lagi, nggak ada cara lain lagi selain menyortirnya satu-satu.

Menghapus Cache di Chrome

cara menghapus cache

Image Source

  • Buka Chrome, cari tiga titik di sudut kanan atas, lalu klik
  • Pilih “More tools”
  • Centang pada kotak Cookie dan plug-in situs
  • Pilih data yang ingin dihapus. Setelah itu, klik “Clear data”

Menghapus Cache di Safari

clear cache safari

Image Source

  • Pilih History, lalu muncul opsi “Clear History”
  • Pilih data yang akan dihapus atau hapus semua data.

Menghapus Cache di Firefox

clear cache firefox

Image Source

  • Cari tombol menu
  • Pilih “History”
  • Pilih riwayat yang akan Anda hapus dengan cara klik panah di samping Detail
  • Klik tombol “Bersihkan Sekarang”.

Menghapus Cache di Android

cara hapus cache android

Image Source

  • Pilih “Setting” / Pengaturan dengan icon roda gigi
  • Pilih “Storage”, sortir dan tentukan aplikasi yang akan dihapus cache atau datanya.

Menghapus Cache di iOS

clear cache ios

Image Source

  • Buka “Setting” / Pengaturan, lanjut pilih “General” – “Storage” & “iCloud Usage”
  • Pilih “Manage Storage”
  • Sortir cache dan data yang mau dihapus dari aplikasi yang ada.

Yang patut diingat adalah; cache merupakan proses yang dipakai browser dan aplikasi buat menyimpan informasi, juga menghemat waktu dan data. Tapi kayak yang udah dibahas di artikel HTTP Error 500, si cache ini juga bisa jadi biang corrupt. Penyebabnya mulai dari ulah virus yang mengunduh diri di cache browser, file yang udah kadaluarsa hingga menyebabkan HTTP Error 500 atau Error 404, dan makan ruang penyimpanan banget kalau nggak rajin dihapus.

Nggak asik kan kalau Anda lagi seru-serunya browsing atau bahkan lagi memaksimalkan strategi digital marketing perusahaan Anda, tiba-tiba browser-nya lemot, apalagi kalau sampai error. Masalahnya, kapasitas penyimpanan di smartphone atau hostingan itu terbatas banget.

That is exactly why Anda harus rajin untuk ngapus-ngapusin cache buat bantu mengurangi beban simpan, mengurangi potensi crash pada website dan mengoptimalkan kinerja komputer atau smartphone Anda dengan cara-cara yang udah kami jelasin di atas. Kalau itu semua udah beres, digital marketing strategy yang (bakalan) diterapkan juga bisa berjalan lebih lancar.

Tapi ya beda ceritanya kalau Anda mengalami masalah di digital marketing itu sendiri. Kalau itu problemanya sih, mending langsung chat kami aja di whatsapp buat ngobrol lebih lanjut tentang itu. Pasti kami bantuin buat cari solusinya, kok!

 

Freebies E-Book

Check out our free e-book on
easy ways to redesign your website
Download Now

Interested in what we do?

Let’s have a talk, and see how together we can take your brand to the next level.

Contact us




    Hi there!

    Need a partner for your brand’s digital endeavor?

    Contact Us
    Whatsappp Sharing