Definite

contact

Blogs · UX

Kenali Lebih Dekat Pengertian UX Design

Written by Definite, 19 August 2019

Seiring pesatnya perkembangan teknologi, terutama dalam dunia komputer, membuat orang semakin berinovasi membuat aplikasi untuk memudahkan pengguna menggunakan aplikasi. Salah satunya adalah User Experience (UX) design dalam proses pembuatan website. Namun, masih banyak orang yang belum memahami pengertian UX Design. Agar tak lagi bingung, kali ini kita akan membahas tentang UX design. Simak ulasannya di bawah ini!

UX design, fokus pada pengalaman pengguna

Sipopulerkan oleh Donald Norman di awal era 1990-an, UX design memiliki fokus utama terhadap hubungan komunikasi antara pengguna dengan programmnya. UX lebih mengacu kepada hal-hal fungsionalitas, memudahkan pengalaman pengguna dalam menggunakan komponen pada website. UX design inilah yang membuat sebuah website bisa digunakan dengan mudah dan tidak membingungkan penggunanya. Jadi, dengan kata lain, UX design ini merupakan keseluruhan elemen website yang dapat membuat pengguna merasa nyaman saat menggunakan website.

Di samping itu, terkadang kita mengartikan UX design sama dengan user interface (UI). Namun kenyataannya keduanya memiliki perbedaan mendasar dan keunggulan tersendiri. Untuk itu, ada baiknya kita melihat perbedaan keduanya.

Perbedaan UX dan UI

Sebenarnya, baik UI maupun UX sama-sama merupakan Human Computer Interaction (HCI). Contoh sederhananya, ketika kita menekan tombol keyboard atau menggeser layar ponsel, sebetulnya kita telah melakukan interaksi dengan komputer. Agar komunikasi antara manusia dengan komputer lebih maksimal, kita membutuhkan sebuah fitur. Di sinilah UX dan UI diperlukan dan berperan penting.

UI merupakan desain antarmuka untuk mesin perangkat lunak seperti komputer, perangkat lunak, dan perangkat elektronik lainnya. Apabila dikaitkan dengan website, UI design ini lebih mengarah tentang bagaimana membuat sebuah website terlihat seperti apa dan memiliki ciri tersendiri. UI kerap kali dikaitkan dengan tampilan atau desain website dan semua yang berhubungan dengan ranah visualnya.

Sementara itu, UX ibaratnya menjadi sebuah jembatan agar UI mampu bekerja dengan sistem yang telah diprogram. Jika dibandingkan dengan UI, UX memiliki cakupan lebih luas. UI sendiri sebenarnya adalah bagian dari UX.  Dengan kata lain, UX is more than UI!

Keunggulan UX design

Karena memiliki cakupan yang lebih luas, jelas UX design memiliki keunggulan tersendiri. Di antaranya membuat pengguna lebih nyaman. Sedangkan untuk pengembangan produk, UX design dapat mengetahui bagian mana dari software yang perlu dikembangkan dan tidak. Keunggulan yang dimiliki oleh UX inilah yang semakin diminati oleh para penggunanya karena dapat meminimalisir waktu.

Hal yang perlu kita ingat adalah, membuat UX ibarat membangun sebuah rumah. Apabila dibuat dengan komponen yang tidak bagus dan tanpa melakukan riset terlebih dahulu, maka bisa jadi rumah tersebut tidak sesuai dengan apa yang diharapkan, bahkan memiliki kualitas yang buruk.

Begitu pula saat membuat UX design. Ada beberapa hal penting yang perlu dipersiapkan, yakni mengetahui apa saja yang dibutuhkan oleh pengguna. Selanjutnya adalah kita perlu mengadakan tes secara berkala website yang telah kita buat. Tes ini penting untuk mengetahui sejauh mana kinerja website tersebut, apakah sesuai dengan yang diinginkan atau masih kurang maksimal.

Itu dia ulasan singkat tentang apa sebenarnya yang dimaksud dengan UX design, keunggulan, dan manfaatnya bagi sebuah perusahaan besar lainnya. Pastikan UX design yang Anda buat sesuai dengan kebutuhan untuk website Anda.

Freebies E-Book

Check out our free e-book on
easy ways to redesign your website
Download Now

Interested in what we do?

Let’s have a talk, and see how together we can take your brand to the next level.

Contact us




Hi there!

Need a partner for your brand’s digital endeavor?

Contact Us
Whatsappp Sharing