Definite

contact

Expertise · Featured · Productivity · SEO · What We Do

Kenapa Bisnis Anda Butuh Google Analytics?

Written by Panji Singgih, 03 October 2020

Google Analytics adalah tool website analytics yang bisa ngebantu Anda buat memajukan bisnis online dengan berbagai informasi yang mereka berikan. But why do you need that in the first place? Well, here are some reasons why…

Kita semua pasti setuju kalau website itu adalah tempat dimana segala proses bisnis berlangsung, a.k.a ladang usaha kita. Mulai dari penyajian informasi, penawaran produk, konten-konten inspiratif, sampai tahap purchasing. That’s why website juga harus dikelola dengan baik dan cermat, supaya nggak ada part of our businesses yang underperform.

Masalahnya, dalam pengelolaan tersebut masih banyak orang yang menemukan kendala (bisa jadi Anda salah satunya), terutama dalam mengolah data-data yang didapat. Di situlah Anda membutuhkan peran dari Google Analytics.

Dengan tool yang satu ini, Anda bisa menjawab beberapa pertanyaan terkait progress maupun problema yang dihadapi dalam sebuah website, semacam:

  • Berapa banyak orang yang visit web Anda?
  • Does it need to be mobile-friendly?
  • Halaman mana yang paling sering dikunjungi di dalam web Anda?
  • Strategi apa yang bisa mengarahkan traffic ke web Anda?
  • Berapa banyak visitor yang udah dikonversikan menjadi sebuah leads?
  • Apakah sales funnel-nya sudah diterapkan dan berjalan dengan baik?

Dan pertanyaan-pertanyaan lainnya.

Long story short, ada banyak fitur dari Google Analytics yang dapat membantu Anda memahami dengan lebih terperinci tentang apa yang sebenarnya terjadi dalam sebuah website. So, let’s talk about it!

  • Mengetahui Asalmuasal Visitors

Dari mana visitors menemukan website Anda?

Website Anda itu nggak mungkin ditemukan begitu aja tanpa adanya informasi mengenai hal tersebut. At least, visitors tau web Anda dari omongan orang lain, alias words of mouth. Selain itu, bisa aja mereka menemukan web tersebut dari search engine, atau dari profile akun sosmed perusahaan Anda. Who knows

Nah, Google Analytics bisa memberikan informasi terkait asal muasalnya visitors web Anda. Dengan mengetahui hal tersebut, nantinya Anda bisa mengatur strategi untuk meningkatkan traffic maupun brand awareness.

Contohnya, jika mayoritas dari mereka menemukan web Anda dari search engine. Dari situ Ada bisa mengoptimalkan SEO, menambahkan porsi artikel dalam web dengan menggunakan keywords yang relevan, dan sebagainya. Jadi web Anda juga bisa menempati posisi atas di search engine

Nah, kalau ternyata traffic dari search engine udah meningkat, mungkin Anda bisa ngecek gimana traffic dari sosial media. Jangan-jangan data traffic dari sana bisa dijadikan insight mengenai potential traffic yang bisa Anda olah di kemudian hari, a.k.a diubah menjadi sebuah leads.

  • Asal Muasal Visitors Secara Geografis

Visitors Anda bisa berasal dari seluruh dunia.

Pernah kebayang nggak ketika pertama bikin website, ternyata Anda akan kedapatan visitors dari Zaire, misalnya. Nah, dengan menggunakan script dari Google Analytics di website, Anda bisa banget memetakan informasi tersebut, tuh.

Nggak cuma dari negaranya aja, Anda juga bisa mengetahui kota-kota asalnya visitors Anda. Informasi itu pastinya bisa ngebantu Anda untuk bikin strategi ekspansi ke market yang paling banyak di luar kota.

Contohnya kalau tiba-tiba di wilayah Bandung pengguna produk Anda tiba-tiba melonjak. Anda bisa memanfaatkan situasi tersebut dengan membuat campaign yang relevan dengan konsumen di daerah terkait mengenai produk berikutnya untuk memaksimalkan keuntungan.

  • Segmentasi Konsumen

Segmentasi konsumen berdasarkan data.

Yep, setiap individu pasti punya behaviour yang beda-beda. Dengan menggunakan tool yang satu ini, Anda bisa melihat karakteristik setiap web visitors, mulai dari usia, jenis kelamin, kegemaran, dan lain sebagainya.

Hal tersebut bisa Anda manfaatkan untuk melakukan segmentasi pasar dari berbagai macam konsumen. Misalnya, Anda memiliki bisnis jual-beli mobil keluarga. Konsumen dengan jenis kelamin pria usia 30-an di kota Jakarta dengan penghasilan rata-rata di atas Rp. 10 juta per bulan adalah kelompok yang paling banyak menggunakan produk Anda karena sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.

Dari data-data tersebut, Anda bisa menggali lebih dalam strategi bisnis apa yang bisa diterapkan supaya bisa menggaet lebih banyak konsumen di segmen tersebut.

  • Level of Competition

Bagaimana kondisi persaingan bisnis Anda?

Fitur benchmarking dari Google Analytics ini bisa dimanfaatkan untuk mencari informasi tentang bagaimana tingkat kompetisi bisnis Anda terhadap bisnis lainnya, terutama yang serupa.

Kayak perusahaan A yang ternyata juga memiliki bisnis di bidang otomotif seperti Anda, dan berada di posisi yang lebih tinggi dalam level of competition. Dari situ Anda bisa melakukan riset tentang marketing activity yang mereka terapkan, kemudian cara tersebut dapat Anda kembangkan untuk kemudian digunakan di perusahaan Anda.

Nggak cuma perusahaan “tetangga” aja, di sini Anda juga bisa bikin comparison berdasarkan asal negara/wilayah, jenis industri, dan lain sebagainya. Jadi bisa belajar dari berbagai sumber, deh.

  • Goals and Achievement

Apakah perusahaan Anda berhasil achieve goals yang ditargetkan?

Ini adalah salah satu hal terpenting kenapa Anda membutuhkan Google Analytics. Tool ini bisa digunakan untuk melihat apakah kegiatan atau perjalanan visitors di web Anda, either mereka melakukan tindakan sesuai yang Anda targetkan atau nggak.

Contohnya ketika Anda membagikan freebies di tengah-tengah artikel. Anda bisa melihat berapa persen dari keseluruhan pembaca artikel tersebut yang nge-download freebies itu. Kalau udah mencapai target or mendekati 100% berarti tujuan Anda berhasil. Tapi kalau ternyata masih di bawah goals yang diinginkan, harus ada peninjauan ulang atas strategi yang digunakan, tuh.

Itu baru lima hal yang bisa membantu bisnis Anda secara general. Lebih kerucutnya lagi, Google Analytics juga bisa membantu tim produksi dan marketing Anda buat ngatur strategi lebih lanjut dan memajukan bisnis.

Manfaat lainnya dari Google Analytics.

Dengan segala manfaat yang disebutkan di atas, udah sewajarnya kalau sebuah bisnis memang membutuhkan bantuan dari Google Analytics. Jangan sampai keberadaan website Anda cuma sekedar “eksis” aja.

Sayangnya, set and forget masih jadi salah satu kesalahan paling besar ketika pelaku usaha membangun atau menayangkan sebuah website. Ujung-ujungnya, manfaat yang didapat jadi nggak efisien, campaign yang dilakukan malah bikin rugi, dan website tersebut cuma jadi “another channel” di dunia digital aja.

So, this is the right time untuk Anda belajar lebih akrab dengan Google Analytics, supaya bisnis Anda di dunia digital bisa terkontrol dengan baik, terus berkembang, dan tentunya meraup keuntungan lebih. If you want to know more about it or masih merasa bingung untuk menggunakannya, langsung “ketuk pintu” kita aja buat ngebahas ini lebih lanjut!

Freebies E-Book

Check out our free e-book on
easy ways to redesign your website
Download Now

Interested in what we do?

Let’s have a talk, and see how together we can take your brand to the next level.

Contact us




Hi there!

Need a partner for your brand’s digital endeavor?

Contact Us
Whatsappp Sharing