Definite

contact

Blogs · SEO

SEO Friendly Tips untuk Mendongkrak Traffic Website Anda

Written by Amalia Nur Andini

Website Anda menentukan wajah perusahaan Anda di dunia digital. Dengan website yang keren, service dan respon yang cepat, serta UX design yang memahami kebutuhan customer, brand Anda pasti akan selalu mereka ingat. Bahkan Anda bisa menarik lebih banyak orang untuk menggunakan produk yang Anda tawarkan.

Tapi, apa gunanya website yang bagus kalau traffic Anda gitu-gitu aja?

That’s why Anda butuh Search Engine Optimization (SEO). Para pengusaha menggunakan SEO untuk menarik traffic organik ke website mereka dengan berusaha menjadi yang teratas dalam Search Engine Result Pages (SERPs), yaitu halaman pencarian pertama Google.

Jadi, Anda harus membuat website Anda se-SEO Friendly mungkin untuk mendongkrak traffic Anda.  Apa sih SEO friendly? SEO friendly ini mengacu pada website yang semua kontennya dapat terindeks oleh mesin pencari secara efisien, sehingga semakin banyak orang terekspos pada website Anda.

How do you do it?

1. Analisa SEO Anda

Sebelum memulai analisa, akan lebih baik kalau Anda mengetahui terlebih dahulu dimana posisi website Anda saat ini dalam SERPs. Untuk hal ini, Anda bisa memanfaatkan website SEO analyzer gratis, seperti Neilpatel yang memberikan SEO overview, inspirasi untuk keyword, dan konten website yang SEO friendly.

2. Riset Kata Kunci

Sebelum membuat konten website, pastikan Anda melakukan riset kata kunci terlebih dahulu. Kata kunci yang tepat akan memudahkan konten Anda ditemukan dalam google search oleh pembaca.

Menentukan kata kunci untuk dipakai itu sesederhana mendeskripsikan produk atau servis apa yang perusahaan Anda tawarkan. Terus, Anda tinggal memasukkannya dalam konten website yang Anda buat.

Anda juga bisa menggunakan tools semacam Wordtracker atau Google Keyword Planner untuk mendapatkan keyword yang lebih efektif. Dan yang paling penting selama melakukan riset kata kunci, Anda harus memperhatikan 5 aspek yaitu jumlah/volume pencarian, tingkat kesulitan, SERPs, Search Intent, dan suggested keywords.

3. Make Your Website Visually Pleasing

Desain visual dengan gambar dan warna yang yang eye-catching akan membuat visitors betah berlama-lama scrolling di website Anda. Masukkan gambar dan ilustrasi yang menarik di artikel atau konten yang Anda buat supaya pembaca nggak merasa bosan. Selain itu, buat desain website minimalis dan user-friendly untuk memudahkan visitors menavigasi antar halaman di website Anda. Nah, hindari juga pop-up, iklan, atau background musik biar visitors Anda nggak merasa terganggu. Nggak pengen kan, pengunjung Anda pergi dan nggak balik-balik lagi?

4. Tingkatkan Website Speed Anda

Selain penampilannya yang enak dilihat, website Anda juga perlu memiliki loading speed yang nggak kaya siput, supaya semakin nyaman saat digunakan oleh user. Pastikan gambar-gambar yang Anda unggah nggak berukuran terlalu besar untuk mempercepat loading halaman Anda. Tapi jangan terlalu kecil juga, sih. Nanti gambarnya malah nggak bisa dinikmati.

Untuk mengetahui berapa lama waktu yang diperlukan website Anda untuk load, Anda bisa memanfaatkan website speed test gratis. Kalau website Anda terdeteksi lambat, saatnya cari cara lain untuk ningkatin kecepatan website Anda.

5. Optimalkan Mobile Version Web Anda

Lebih banyak orang mengakses internet melalui smartphone dibandingkan dengan PC. World Advertising Research Center (WARC) memprediksi kalau di tahun 2025 nanti, sebanyak 3.7 triliun penduduk dunia hanya akan menggunakan smartphone-nya untuk internetan. Maka dari itu, membuat website Anda SEO friendly berarti juga menyediakan mobile version yang mudah diakses oleh sebagian besar website visitors Anda.

Untuk mengoptimalkan kinerja mobile version, Anda bisa mengetes kecepatannya lewat Think with Google.

6. Incorporate Blogs to Stay Up-to-date

Bagaimana caranya supaya website Anda tetap fresh walaupun produk atau servis yang Anda sediakan nggak berubah dari waktu ke waktu, alias gitu-gitu aja? Gampang! Anda bisa memasukkan blog ke dalam website Anda.

Pada dasarnya, blog adalah salah satu SEO booster yang efektif untuk website Anda. Anda dapat menulis banyak hal, mulai dari topik kekinian, hal-hal yang perusahaan Anda sudah capai, sampai personal branding perusahaan yang nggak mungkin disisipin di konten lainnya. Anda juga bisa berinteraksi dengan pengunjung lewat kolom komentar.

7. Manfaatkan Social Media

Social media adalah salah satu strategi paling efektif untuk menaikkan traffic ke website Anda. Dengan postingan di sosial media, Anda bisa menyertakan link CTA ke website yang dapat dikunjungi oleh follower Anda.

Contohnya, saat Anda memposting tentang sebuah produk di Twitter, Anda dapat menyertakan link “read more” yang mengarah pada artikel di website. Begitupun sebaliknya, Anda bisa mengajak website visitors untuk mengikuti akun sosmed Anda.

Jadi, semakin banyak konten social media yang Anda buat, semakin SEO friendly juga website Anda.

Kesimpulannya adalah…

Menjadi yang teratas di SERPs memang nggak gampang. Tapi, Anda bisa merencanakan strategi kreatif bersama kami untuk membuat website Anda jadi SEO friendly, supaya website perusahaan Anda bisa jadi yang nomor satu di google search!

Freebies E-Book

Check out our free e-book on
easy ways to redesign your website
Download Now

Interested in what we do?

Let’s have a talk, and see how together we can take your brand to the next level.

Contact us




Hi there!

Need a partner for your brand’s digital endeavor?

Contact Us
Whatsappp Sharing