Definite

contact

Dev and Design · Expertise · Featured · Productivity · What We Do

Teknologi yang Akan Jadi Booster untuk Web Development

Written by Rinaldy Sofwan, 03 October 2020

Sama seperti di bidang lainnya, teknologi web development juga terus berkembang seiring perkembangan waktu. Teknologi apa sih yang bakal bikin dunia bangun-membangun website berubah di masa yang akan datang?

Masih ingat nggak sih waktu kita mesti connect ke internet pake dial-up yang bikin telepon rumah bunyi ‘ngak ngik nguk’ itu? Atau waktu kita mesti nunggu berjam-jam cuma untuk download satu file MP3 yang udah di-compress habis-habisan dulu? Untungnya, sekarang kita bisa dengan mudah pake wi-fi dan streaming musik kualitas tinggi berkat Spotify ya. 

Well anyway, teknologi emang terus berkembang. Anda yang familiar dengan web development pasti ngerasain juga gimana Adobe Flash perlahan hilang karena ada HTML5 yang nawarin fitur serupa dengan keamanan lebih terjamin. Kira-kira bakal ada perubahan apa lagi ya di dunia bangun-membangun website di masa yang akan datang? 

Menurut kami sih, ada beberapa teknologi yang bakal mentransformasi web development mulai di 2020 ini dan ke depannya. Salah satu contohnya adalah Artificial Intelligence alias AI…

“Dikit-dikit AI, dikit-dikit AI, semuanya aja AI.”.

Ya, kami paham untuk sebagian orang memang istilah ini udah jadi semacam jargon yang bosenin. Tapi bahas kemajuan teknologi memang nggak bisa jauh-jauh dari yang satu ini. Karena mulai dari bikin selfie kita jadi lebih cakep, nyetir mobil Tesla yang dibanggain Elon Musk, sampai jadi “nyawa” barang-barang “smart” di rumah, AI udah ngasih contoh aplikasi yang konkret dan menjanjikan kemungkinan yang nyaris nggak terbatas. 

Penggunaan AI dalam web development.

Dalam hal web development, AI bisa bikin coding jadi lebih gampang, baik dengan mengotomatisasi berbagai tasks maupun membantu developers nyari solusi dari masalah-masalah yang ada di baris kodenya. Selain itu, developer juga bisa pakai algoritma AI buat ngasih suggestions soal desain, layout, atau bahkan konten saat kita ngebangun website

Intinya, AI bisa ngebantu coders buat ngebangun aplikasi yang lebih smart dengan lebih cepat. Saat ini memang penggunaan kecerdasan buatan belum se-accessible itu, tapi kami yakin nggak butuh waktu lama sebelum teknologi ini makin lekat dengan pekerjaan kita sehari-hari. 

Nah kebayang kan, efisiensi yang bisa terealisasi seiring dengan kemajuan teknologi Artificial Intelligence? Jadi jangan bosan dulu dengar namanya, karena AI menjanjikan lebih banyak cuan! Belum lagi, AI juga bisa ningkatin pengalaman pengguna situs lewat chatbot yang lebih pintar. Engagement makin bagus, konversi juga mestinya makin bagus dong! 

Anda bisa baca lebih lanjut tentang penggunaan AI dalam web development di sini. Sementara itu, teknologi lain yang sudah lebih dekat dengan kita selain AI di antaranya adalah virtual reality, big data, accelerated mobile pages (AMP), voice search, dan multi-experience. Beberapa di antaranya malah udah ada di Definite!

Multi-experience technology.

Yang pertama adalah multi-experience. Teknologi ini ngebantu kita untuk dengan cepat menyesuaikan aplikasi ke berbagai macam devices sekaligus. Jadi, cukup bikin satu aplikasi dan sedikit tweak sana-sini Anda bisa langsung punya produk yang cocok digunakan di beberapa platform, entah itu dari desktop, mobile/smartphone, atau mungkin dari smart TV.

Kenapa multi-experience jadi penting banget? Menurut Head of Technology Definite, Adhitia Darmawan, ini karena user behaviour yang berubah juga seiring dengan kemajuan teknologi. Ya, kita bisa ngerasain sendiri kan, sekarang kita semakin bergantung pada internet dan kita bisa connect dari manapun, kapanpun.

“Pengguna platform internet setiap tahunnya terus bertambah, dengan segala macam jenis device yang mereka gunakan, web development juga terus dituntut untuk terus bertransformasi untuk mempermudah kebutuhan tersebut. User internet sudah tidak lagi menggunakan laptop untuk berseluncur melainkan bisa menggunakan segala jenis platform atau multi-experience.” 

Sama seperti AI, teknologi ini juga bikin effort Anda sebagai pemilik usaha jadi jauh lebih ringan, yang artinya bisnis bisa berjalan lebih efisien. Cuan lagi! Selain itu, brand juga jadi bisa ngejamin experience yang konsisten untuk existing and potential customers. Nggak aneh lah kalau semua bakal mengadopsi teknologi yang satu ini. 

“Kemudian, user juga tidak ingin menunggu lama untuk mencari sesuatu yang mereka mau. Web development pun berkembang melalui Accelerated Mobil Page atau AMP untuk mempercepat proses loading time,” kata Adhit, lanjut jelasin. 

AMP ini adalah proyek bikinan Google dan Twitter yang didesain buat bikin mobile page kuenceng. Pada dasarnya, AMP ini semacam HTML yang dipretelin supaya lebih ringan. Kalau diibaratkan modifikasi mobil, ini kayak nyopotin jok yang nggak dipakai dan barang-barang ekstra lain yang nggak berkontribusi pada performalah, buat bikin bobot lebih enteng dan kendaraan lari lebih cepat.

Accelerated Mobile Page bisa membantu mempercepat halaman Anda terbuka sebelum tertelan ombak.

Loading time krusial banget di perangkat mobile karena sampai sekarang pun saat teknologi 5G udah mulai menyebar, kecepatan internet belum bisa sepenuhnya konsisten. Sementara itu, user behavior terus bergeser seperti yang kami jelasin tadi. Jadi, bisnis yang bisa ngasih experience lebih snappy udah pasti bakal unggul dari kompetitornya.

Dan, bicara soal kecepatan, satu teknologi lagi di Definite yang bisa bantu Anda ngasih pengalaman terbaik buat users adalah big data. Nama ini juga mungkin udah familiar banget dengan telinga Anda. Buat yang belum tahu, big data ini intinya teknologi data-processing yang bisa bantu kita ambil informasi dari sekumpulan himpunan data yang jumlahnya banyak banget dan kompleks, dimana proses/pengolahannya bakalan sulit banget kalau dikerjakan dengan manajemen basis data biasa, atau dikerjakan secara manual.

Big data udah banyak diaplikasikan dalam berbagai hal dan terbukti berguna banget karena kita jadi bisa mengolah informasi yang otherwise nggak akan bisa kita cerna dengan mudah dan cepat. Untuk web development sendiri, menurut Adhit, salah satu contoh penggunaannya adalah dalam mekanisme pencarian di website Anda. 

“Pada saat mencari produk atau item, user bisa dipermudah dengan big data agar produk atau item yang mereka cari sesuai dengan kategori yang mereka inginkan,” katanya.

Selain itu, sama juga seperti dua yang sebelumnya, big data bisa bantu efisiensi proses development dengan nyediain tools analisis yang ngehasilin rekomendasi-rekomendasi buat developers.  Dengan big data, developers nggak perlu lagi menebak-nebak preferensi users yang cenderung berubah dari waktu ke waktu.

Simpelnya begini, satu orang user aja itu bisa punya jutaan atau bahkan milyaran data personal dan preferensi dari berbagai sumber, kayak web, sosmed, customer service, data mobile, sales, dan sebagainya, yang size-nya bisa sampai petabytes or exabytes.

Udah gitu, data-data tersebut juga biasanya nggak terstruktur, kurang lengkap, dan sometimes nggak bisa diakses. Nah, dengan menggunakan tools dan aplikasi big data ini, kumpulan data yang super masif itu bisa ditampung dalam satu wadah, dianalisis, diolah serta dikelola dengan struktur yang lebih rapi.

Big data yang perannya cukup signifikan dalam web development.

Manfaat lain dari big data yang Anda mungkin udah ngerasain sendiri adalah personalisasi konten di Netflix. Dengan analisis big data, penyedia layanan streaming ini bisa ngasih rekomendasi sesuai riwayat tontonan users. Dampaknya, pengguna bakal betah nonton karena baru aja selesai satu film, film lain yang cocok dengan seleranya udah muncul di homepage.  Katakanlah setelah nonton Interstellar, Anda akan direkomendasikan Inception yang ngasih taste njlimet khas Christopher Nolan karena users lain biasa nonton kedua film itu. Kebayang ngga? Dari jutaan pengguna Netflix, dari jutaan data yang didapat dari ribuan film, mereka bisa olah sedemikian rupa jadi personalized movie recommendation untuk Anda – itulah salah satu contoh kehebatan Big Data.  

Keren kan? Teknologi web development akan terus berkembang dan kami pun akan terus ngikutin perkembangannya karena itu memang salah satu passion kami di Definite. Selain itu, satu lagi hal yang kami lakukan dengan sepenuh hati adalah ngebantu bisnis Anda lebih maju dengan segala teknologi yang kami punya. Nah, Anda siap jadi perusahaan canggih yang standout di tengah kompetisi dunia digital bareng kami? Mulai sekarang yuk!

Credits:

Resources:

Adhitia Darmawan, Head of Technology Definite

Writer:

Rinaldy Sofwan

Freebies E-Book

Check out our free e-book on
easy ways to redesign your website
Download Now

Interested in what we do?

Let’s have a talk, and see how together we can take your brand to the next level.

Contact us




Hi there!

Need a partner for your brand’s digital endeavor?

Contact Us
Whatsappp Sharing